EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN BALITA DIARE DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT X PERIODE JANUARI – MARET TAHUN 2020

  • Yakobus Supandi STIKes Muhammadiyah Kuningan
  • Liska Marlinda Sari STIKes Muhammadiyah Kuningan
Keywords: Diare balita, evaluasi antibiotik

Abstract

Diare  merupakan  salah  satu  penyebab  utama  kesakitan  dan  kematian diseluruh  dunia.  Diare  telah  menyerang  jutaan  jiwa  pertahun  dan  menyerang semua  usia.  Dari  keseluruhan kejadian  diare,  sebagian  besar  penderita  adalah anak-anak. Diare dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya infeksi oleh bakteri dan virus. Pengobatan pada kasus diare dapat memberikan efek samping yang tidak diinginkan dan dapat mengakibatkan resistensi pada terapi yang menggunakan antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan dan pemilihan jenis antibiotik pada pasien anak di ruang rawat inap Rumah Sakit X periode Januari – Maret 2020. Penelitian ini bersifat non eksperimental dengan pengambilan data secara retrospektif dengan jumlah sampel 56 kasus yang terdiagnosa diare. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien balita umur 1-5 tahun yang terdiagnosa diare dan mendapatkan terapi antibiotik. Data diambil dari rekam medis pasien dan di analisis meliputi karakteristik pasien, karakteristik obat dan evaluasi penggunaan antibiotik. Hasil penelitian untuk evaluasi penggunaan antibiotik diperoleh hasil 81,8% untuk tepat obat dan 88,9% untuk kategori tepat dosis.

References

Panduan sosialisai Tatalaksana diare pada balita , (2011), KemenKes Republik Indonesia Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan lingkungan, E. Jurnal.com/2013.
DepKes RI, 2009, Undang – Undang No.44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.









Yankes KemKes. Go .id , Pmk no 56 Klasifikasi dan perizinan Rumah sakit , Mipa – Farma .com/2016/09, Definisi dan klasifikasi Rumah sakit.html.
Http://data . oe cd.org/pop/young- population: htm#indikator – chart, diakses 6 oktober 2017, batasan usia anak dan pembagian kelompok umur anak.
Kompasiana. Com /petterrahmani/ fase dalam perkembangan –proseksual-Sigmund –Freud.
Jenis – jenis penelitian :Alihamdan . id . 19 juni 2019.
Penatalaksanaan diare akut akibat infeksi menurut Arif Masjoer (2017)
PerMenKes RI no. 72 Tahun 2016, tentang Standar pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit.
Stastikian.com/2012/10/pengertian populasi dan samppel.html.
Zonereferensi .com/pengertian instrumen penelitian/menurut para ahli dan secara umum, last update 23 februari 2020.
WGO, 2012, World Gastroenterology Organisation practice guidline : Acute diarrhea in adults and children a global perspective, WGO
Kementerian Kesehatan Republik Kesehatan. 2011. Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik. Jakarta : Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan.
Permenkes RI nomor: 2406/MENKES/PER/XII/2011 (2011). Pedoman umum penggunaan antibiotika. Jakarta: Menkes RI.
Priyanto, 2009, Farmakoterapi dan Terminologi Medis, Jakarta, Leskonfi.
Pedoman Penggunaan Antibiotik di Rumah Sakit X
Published
2021-03-31
How to Cite
Supandi, Y., & Sari, L. (2021). EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN BALITA DIARE DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT X PERIODE JANUARI – MARET TAHUN 2020. Jurnal FARMAKU (Farmasi Muhammadiyah Kuningan), 6(1), 19-25. Retrieved from http://ojs.stikes-muhammadiyahku.ac.id/index.php/jurnalfarmaku/article/view/165